Laman

Jumat, 14 Januari 2011

Tips membeli Komputer bekas / second

Jika kita tidak memiliki uang yang banyak untuk membeli sebuah komputer baru,
mungkin alternatif keduanya adalah kita dapat mencari komputer yang bekas atau second, namun dalam pembelian sebuah komputer bekas ini,terkadang kita harus jeli melihat Spesifikasi, Fitur, kemampuan dan kecocokan harganya. terlebih sekarang banyak komputer yang di lebel sebagai komputer Intel ataupun Amd terbaru tetapi dengan spesifikasi yang sangat rendah. dan kita jangan sampai tertipu,,


baiklah mengkin saya langsung mulai saja beberapa tips sederhananya..

Yang pertama, jangan tergiur dulu oleh iklan / spanduk seperti contoh "di jual paket komputer  intel terbaru harga murah" terlebih jika iklan tersebut tidak mencantumkan spesifikasinya, terutama Motherboard merek apa, Harddisknya berapa, Ram-nya, VGA, prosessor berkecepatan berapa, dll..



Yang kedua, jika melihat Spesifikasinya perhatikan apakah Spesifikasi itu sudah sesuai dengan tujuan dari komputer kita nanti, apakah untuk keperluan Multimedia, seperti Game, Editing Video, Editing Foto, dll.
atau hanya sekedar untuk mengetik dan menghitung saja, jika untuk keperluan mengetik, menghitung ( Microsoft office ataupun di OpenOffice.org) dan bermain musik saja mungkin komputer dari mulai Intel pentium III, Ram 128, VGA 32 MB, Harddisk 10 GB dan CD-Rom, itu sudah cukup. tetapi jika ingin Full Multimedia Jangan harap jika Spesifikasi di atas bisa mencukupi, untuk keperluan Multimedia (Editing Foto, Burning CD/DVD, Editing Video, Editing music, Pembuatan Animasi dll) minimal Spesifikasi yang direkomendasikan adalah Prosessor jenis LGA ( Dual Core, Celeron,dll), Ram minimal 1 GB lebih baik lagi jika 2GB, Harddisk Min 500 GB, VGA 1GB, dan tentunya Untuk Optical Drivenya harus DVD R/w agar bisa membaca dan memburning/membuat file CD maupun DVD

Dan yang ketiga, jangan sampai terlupakan Lihat Harganya, Sesuaikan dengan Spesifikasinya apakah harga yang tinggi karna spsifikasinya juga tinggi, jangan sampai tertipu saya ingatkan lagi, bisa saja dia mengatasnamakan Intel P4, atau Dual Core namun untuk spesifikasi yang lain dia pangkas menjadi sangat rendah, dan jangan tertipu oleh casing juga, penampilan bukan segalanya, kualitas lebih diutamakan.

dan yang terakhir, bila anda tidak bisa menginstall sendiri sistem operasi seperti windows atau linux dan juga tidak mau repot-repot menginstal program aplikasi seperti microsoft Office, open office atau Winamp, photoshop, Corel, adobe dll. harap pastikan program tersebut sudah ada atau sudah terinstal dengan baik dikomputer yang akan anda beli tersebut.

demikian beberapa tips yang bisa saya sampaikan,, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lainnya..