Selasa, 15 Maret 2011

Tips Agar Komputer Tidak Cepat Rusak, 2 Langkah Sederhana Menjaga Komputer Agar Tidak Cepat Rusak

Sudah lama blog InfoKomput3r.Blogspot.com tidak memposting tips-tips seputar komputer, kali ini, coba membahas bagaimana cara sederhana atau tips agar komputer tidak cepat rusak dengan beberapa atau 2 langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh orang awam sekalipun, gunanya agar kita bisa tetap menjaga komputer (dekstop) agar tidak mudah atau tidak cepat rusak. Berikut beberapa Tips agar komputer tidak cepat rusak versi InfoKomput3r.Blogspot.com

1. Untuk yang pertama penyebab kerusakan komputer dari segi software atau program aplikasi yang jahat berupa virus, dengan ini kita bisa mencegah agar komputer tidak rusak solusinya :



Setiap komputer tidak akan pernah dapat terhindar dari yang namanya virus, namun, sedikit banyak kita masih bisa meminimalkannya, salah satu cara yang paling sederhana adalah tidak sembarangan menginstal sebuah perangkat lunak atau program aplikasi dari internet yang kurang meyakinkan, baik itu browser, maupun game.

Disarankan bila memang sangat ingin menginstal program aplikasi terlebih dahulu harus dilakukan scan terhadap aplikasi yang akan di instal itu dengan antivirus yang lumayan baik seperti Norton ataupun Avast. Selain itu, virus juga bisa menjangkit lewat flash disk yang sering di pakai untuk teman browsing atau kekomputer-komputer lain yang terjangkit virus, jadi berhati-hatilah karena banyak virus yang berefek pada perusakan sistem dan juga pencurian data pengguna.

Dan yang paling penting selalu percayakan pada anti virus yang handal. Selain dari virus, komputer juga bisa cepat rusak karena beban program yang tidak seimbang dengan kapasitas hadware (RAM, Prosesor, Grafis),  ini bisa sangat memberatkan kinerjanya.

Artinya Agar komputer tidak cepat rusak salah satunya dengan pemakaian secara wajar juga multak diperlukan. Beben program yang besar sebagai contoh, komputer dengan spesifikasi standart kemudian dipaksa untuk menjalankan program-program yang sangat berat dan banyak seperti program multimedia (photoshop versi tinggi) dan game-game terbaru berbasis 3D dan berkapasitas memori besar

2. Tips yang kedua agar komputer tidak cepat rusak dari sisi hadwarenya. Dengan beberapa tips solusi menjaga agar keadaan komputer tidak cepat rusak dan stabil ketika dipakai

Ingatlah, komputer juga butuh perhatian, tidak lantas dipakai kemudian ditinggalkan begitu saja, minimal membersihkan debu-debu yang menempel pada bagian luar, bisa sedikit menghindari agar komputer tidak cepat rusak.

Bagaimana bisa? tahukah anda bahwa debu dikomputer merupakan salah satu faktor terburuk rusaknya kompunen-komponek komputer? walaupun hanya dibersihkan pada bagian depan, namun ini merupakan lahkan awal agar debu-debu tersebut mudah masuk kebagian dalam komputer, utamanya cpu.

Selain rutin pada menjaga kebersihan bagian luar, pembersihan debu juga mutlak diperlukan secara periodik pada bagian dalamnnya, atau CPU, untuk yang ini, kita bisa dengan pelan-pelan membuka kabel yang menempel antara cpu dan komputer, lalu membuka casing depannya secara perlahan-lahan.

Pembersihan debu pada bagian dalam bisa dimulai dengan bantuan penyemprotan angin, atau dengan media lainnya seperti kipas manual, yang kemudian dilanjutkan pada pembersihan komponen-komponennya menggunakan lap halus. Dengan pembersihan secara periodik, diharapkan dapat menghindari segala macam penggangu kinerja dari komponen dalam komputer, yang akan berakibat agar komputer tidak mudah rusak.

Selain pembersihan komputer yang perlu diperhatikan dalam menjaga agar komputer tidak mudah rusak disisi hadware, bisa juga salah satunya dengan memperihatikan kaadaan dari masing-masing komponen dalam komputer (baik RAM, Hardisk, maupun prosesor sampai grafis) dari mulai pemasangannya kalau perlu selalu dijaga kekencangannya, hingga penggantian komponen yang dirasa sudah terlalu lama dipakai.

Itulah hanya dua tips sederhana dalam menjaga agar komputer tidak cepat rusak, lainnya seperti penggunaan yang normal, penggunaan perangkat tambahan seperti PSU dan Stabilizer, serta tidak menggunakannya ketika suhu sedang benar-benar tinggi juga harus diperhatikan, agar komputer tetap dalam performanya dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.

.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Lainnya..