Laman

Sabtu, 15 Januari 2011

Pengenalan Komputer

Komputer adalah suatu alat elektonika yang berguna untuk mengolah data, baik data huruf maupun data angka dengan menggunakan program-program tertentu guna menghasilkan sebuah informasi.


Penerapan Komputer

Pada era globalisasi pada saat sekarang ini, penerapan komputer tidak hanya berguna untuk membantu perhitungan dan pengolahan data-data saja, melainkan komputer pada zaman sekarang banyak dipergunakan hampir disemua bidang kehidupan, <--more-->yang semuanya tidak ter lepas dari peranan sebuah komputer. Adapun penerapan komputer secara umum antara lain adalah :

1. Di bidang Tehnik dan Ilmu Pengetahuan 

Penerapan komputer pada bidang ini antara lain untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , seperti pada perancangan teknologi robotika dan juga pada perancangan teknologi nuklir. Karena dengan adanya komputer dengan program-program tertentu, sebelum membuat sebuah robot ataupun merancang sebuah teknologi nuklir, para ahli robotika atau ahli nuklir, terlebih dahulu menggunakan komputer untuk membuat contoh atau simulasi apa yang akan dibuat, kemudian proses kerjanya seperti apa, kemanfaatannya seberapa besar, dan apakah “prodak” tersebut berbahaya atau tidak bagi kelangsungan hidup manusia, yang kesemuanya itu di di test/ diuji coba terlebih dahulu dengan menggunakan Teknologi komputer.


2. Di bidang Pendidikan 
Pada bidang ini, peranan komputer banyak dipergunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar-mengajar, antara lain memudahkan dalam pengelolaan data-data siswa maupun mempermudah dalam proses belajar, karna hanya dengan menggunakan sebuah computer dan proyektor , guru akan dengan mudah menerangkan tentang apa yang sedang di palajari dan apa yang sedang dijelaskan, siswa pun mungkin akan lebih memahami karna bentuk data yang disajikan bisa saja berupa gambar digital yang bergerak ataupun berupa data lain yang mudah dipahami oleh mereka.

3.Di bidang Industri
Di bidang industri, komputer banyak dipergunakan untuk proses produksi, misalnya dalam hal mengatur posisi-posisi dan operasi terhadap mesin-mesin yang akan ddipergunakan dalam proses produksi. Atau mengatur secara otomatis variablel-variabel yang dibutuhkan dalam proses produksi seperti, berat bahan yang akan dipergunakan, temperature, banyaknya barang, dll.


4.Di bidang Kedokeran
Di bidang kedokteran, penerapan komputer banyak dipergunakan untuk mendiagnosa penyakit. Komputer dengan penambahan hadware dan software tertentu dapat dipergunakan untuk menganalisa organ tubuh bagian dalam yang sulit dilihat oleh kasat mata manusia. Contoh sistem CAT (Computerized Axial Tomography), yang digunakan untuk mengambil gambar seluruh organ tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lainnya..